Mengatasi Insomnia Dengan Beberapa Cara Mudah Ini

Advertisement
Mengatasi Insomnia Dengan Beberapa Cara Mudah Ini - Tidur merupakan hal yang vital bagi manusia. Para ahli kesehatan menganjurkan agar setiap orang dapat mencukupi 8 jam waktu tidur di malam harinya. Meskipun demikian masih cukup banyak orang yang menderita susah tidur (insomnia). Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena pola hidup maupun faktor psikis seperti depresi, dsb. Bagi mereka yang menderita insomnia kerap mengambil jalan pintas dengan mengkonsumsi obat tidur dalam dosis tertentu. Padahal hal tersebut cukup membahayakan kesehatan jika dikonsumsi untuk jangka panjang. Nah, bagi anda yang menderita insomnia, dibawah ini ada beberapa tips mengatasi insomnia secara alami yang bisa dicoba. 

Tips Sederhana Mengatasi Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia
Atur Ulang Jadwal Kerja Anda - Cukup banyak orang yang menunda jam tidurnya oleh karena berbagai pekerjaan yang harus mereka selesaikan lebih dulu sebelum mereka beristirahat agar tidak mengganggu pikiran mereka. Padahal hal tersebut dapat mengacaukan jam tidur yang berujung pada penyakit insomnia. Nah untuk mengatasi insomnia akibat terganggunya jam tidur bisa mencoba mengatur ulang jadwal kerja anda sehingga saat tiba waktunya berisitirahat, anda tak lagi perlu membebani diri dengan pekerjaan tersebut.

Atur Suhu Kamar Tidur - Menurut penelitian, jenis hormon yang membantu kita agar cepat tertidur adalah melatonin. Jenis hormon ini dihasilkan melalui suhu ruangan yang cukup sejuk dan dingin. Oleh karena itu, pastikan agar suhu ruangan anda cukup dingin dan sejuk sebelum beranjak tidur.

Padamkan Lampu - Berdasarkan penelitian ilmiah, tubuh manusia memiliki respon terhadap sinar sehingga akan tetap bekerja meskipun anda sedang beristirahat. Hal itu, bukan saja membuat anda sulit terlelap, membiasakan tidur dengan ruangan terang juga dapat mengganggu sel-sel tubuh. Mematikan lampu kamar adalah salah satu tips mengatasi insomnia yang cukup sederhana dilakukan. Jika merasa kesulitan untuk tidur diruangan gelap bisa mencoba dengan memasang lampu redup.

Konsumsi Makanan - Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sesaat sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur anda. Misalnya, kopi, teh pahit, energy drink, dsj. Untuk mengatasi insomnia, disarankan agar memperhatikan jam makan sebelum tidur. Disarankan agar makan malam 2-3 jam sebelum tidur untuk memberi waktu bagi tubuh dalam mencerna makanan sehingga tidak mengganggu aktivitas tidur anda.

Olahraga Rutin -  Berolahraga secara rutin juga merupakan salah satu cara mengatasi insomnia. Olahraga bisa dilakukan pada pagi hari maupun malam hari, misalnya aerobic, angkat beban, yoga, bersepeda, dsj. Olahraga akan menghabiskan energi pada tubuh sehingga menyebabkan tubuh kelelahan. Hal itu menyebabkan seseorang lebih mudah untuk tertidur.

Mendengar Musik Klasik - Kebiasaan yang satu ini juga bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasi insomnia. Carilah musik-musik instrumen klasik dan masukkan ke dalam smartphone anda untuk didengarkan melalui earphone anda menjelang waktu tidur anda. Dengan cara ini, selain dapat merilekskan pikiran, juga dapat membantu anda keluar dari permasalahan insomnia.

Demikianlah informasi mengenai cara Mengatasi Insomnia Dengan Beberapa Cara Mudah Ini. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Mengatasi Insomnia Dengan Beberapa Cara Mudah Ini | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment